Inidia Gejala Awal Dari Penyakit Lupus

 Waspadai Penyakit Lupus, Ini Gejala Awalnya

 

Belakangan banyak orang yang ingin tahu tentang penyakit lupus setelah salah satu selebriti Hollywood, Selena Gomez, menjalani serangkaian pengobatan akibat penyakit tersebut.

Selena Gomez menderita penyakit yang menyebabkan autoimun tubuhnya menyerang organ atau jaringan tubuh sehatnya, hingga harus melakukan transplantasi ginjal.

Penyakit lupus memang membuat autoimun tubuh jadi bekerja terbalik, menyerang organ sehat sehingga memicu inflamasi atau peradangan. Biasanya penderita mulai mengalaminya sejak usia remaja.

Penyakit ini sulit terdeteksi di awal kemunculannya, karena gejalanya berbeda-beda pada tiap orang. Tak heran jika dokter sulit mengidentifikasi. Namun ada beberapa gejala yang umum dan sederhana serta dapat dikenali. Apabila Anda temukan lebih dari satu gejala ini, segera periksakan diri ke dokter.

Berikut gejala umum penyakit lupus, seperti dilansir laman Healtline:

Lelah berlebihan

Rasa lelah yang berlebihan kerap dialami oleh penderita lupus. Mereka kadang butuh istirahat lebih banyak di siang hari, hingga malamnya sulit tidur.

Demam

Demam ringan sering dialami, dengan suhu tubuh 38 derajat selsius. Anda kadang tak tahu apa penyebab demam itu, dan harus waspada pada peradangan.

Rambut rontok

Terjadi kerontokan rambut yang cukup parah, karena autoimun menyerang sel kulit kepala. Bisa juga berlanjut pada kumis, jenggot, alis dan bulu mata ikut rontok.

Ruam merah di kulit

Terjadi ruam kemerahan di permukaan kulit, dan ini mudah dilihat karena muncul di bagian wajah, menyerupai bentuk kupu-kupu. Umumnya akan terlihat jika terpapar sinar matahari yang terik. Penderita memang sensitif dengan sinar yang terik, sehingga sangat dianjurkan beraktifitas di tempat teduh.

Radang ginjal

Peradangan pada ginjal ini yang membuat Gomez harus menjalani transplantasi ginjal. Gejala awalnya adalah bengkak pada bagian bawah paha dan kaki, kencing mengeluarkan darah, dan nyeri di bagian perut.

Mulas

Rasa mulas kerap diikuti BAB yang sering sekali. Mulut dan mata penderita kerap mengalami kering, akibat fungsi organnya tidak berjalan dengan baik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *