Jenis – Jenis Penyakit Kronis Wanita dan Biaya Vaksin Pencegahnya

Wanita memang sangat rentan dengan berbagai penyakit kronis. Anatomi tubuh yang berbeda dari pria serta gaya hidup menggunakan pakaian ketat, kosmetik, serta perawatan kecantikan berlebih seperti mewarna rambut dan sebagainya membuat lebih banyak resiko bagi wanita untuk terserang penyakit. Saat ini, sudah banyak wanita dari berbagai kalangan termasuk selebriti yang harus meregang nyawa akibat penyakit kronis. Untuk mengantisipasi hal itu, salah satu caranya adalah dengan melakukan vaksinasi. Biaya untuk melakukan vaksinasi setiap penyakit berbeda – beda, tergantung pada jangka waktu dan kandungan vaksinnya. Berikut ini adalah informasi lengkap tentang jenis – jenis penyakit kronis wanita serta biaya vaksin pencegahnya.

Penyakit yang pertama adalah kanker serviks. Kanker serviks merupakan penyakit kanker yang menyerang leher rahim. Penyakit ini rata – rata disebabkan oleh virus HPV atau Human papillomavirus. Untuk mengantisipasinya, diperlukan pencegahan yang komprehensif antara vaksin HPV, papsmear, dan tes IVA. Vaksin HPV dilakukan saat masih anak – anak dalam usia 9 – 15 tahun atau wanita yang tidak ada riwayat pernah melakukan hubungan seksual sebelumnya. Untuk deteksi dini kanker serviks yang dilakukan adalah papsmear serta tes IVA. Vaksin HPV ada dua jenis antara lain Cervarix dan Gradasil. Biaya vaksin Cervarix berbeda dengan Gradasil karena fungsinya pun tidak sama.

Fungsi dari vaksin Cervarix adalah untuk mencegah penularan HPV – 16 dan HPV – 18 yang menyebabkan terjadinya penyakit kanker serviks. Biaya vaksin Cervarix adalah Rp 700.000,00 setiap kali suntik. Pada rangkaian pemberian vaksin, dosisnya adalah 3 kali suntikan. Vaksin pertama diberikan di bulan ke 0, vaksin kedua diberikan di bulan ke 1, dan vaksin ketiga diberikan pada bulan ke 6. Jadi, total biaya yang diperlukan untuk melakukan vaksin Cervarix adalah Rp 2.100.000,00. Untuk vaksin Gradasil biaya yang diperlukan adalah Rp 900.000,00 yang diberikan pada bulan ke 0, 2, dan 6. Vaksin ini lebih mahal karena fungsinya adalah untuk mencegah HPV – 16, HPV – 18, HPV – 6, dan HPV – 11. Jadi, selain mencegah kanker serviks vaksin ini juga mencegah penyakit kutil kelamin. Total biaya yang diperlukan untuk 3 dosis adalah Rp 2.700.000,00.

Penyakit lain yang juga kronis dan sering menyerang para wanita adalah Hepatitis B. Virus Hepatitis B (VHB) jika menjangkit ke seseorang maka akan bisa membuat komplikasi melalui peradangan hati, kanker hati, maupun sirosis hati. Jika menyerang ibu hamil, maka resikonya bisa sangat fatal seperti kematian bayi, hingga kematian ibu dan bayi. Untuk penularannya adalah melalui darah dan cairan tubuh. Sebagai upaya pencegahan, dilakukan vaksin dengan jadwal 3 kali dalam rentang waktu 6 bulan. Sebelum melakukan vaksinasi lebih baik pasien menjalankan tes HbsAg sebagai langkah mengecek bagaimana potensi kerentanan tertular virus. Soal biaya, tes HbsAg biasanya dikenakan harga Rp 177.000,00. Sementara itu, untuk biaya vaksin pencegahan virus Hepatitis B cukup terjangkau dengan hanya Rp 130.000,00.

Meningitis dan Rubella yang saat ini sedang dikampanyekan vaksinnya juga merupakan penyakit kronis yang berbahaya bagi para wanita khususnya ibu hamil. Meningitis menyerang selubung otak dan sumsum tulang belakang serta menyebabkan radang. Pencegahannya bisa dilakukan dengan vaksin meningococcal yang dibanderol dengan harga mulai Rp 400.000,00. Sementara itu, Rubella merupakan virus campak Jerman yang bisa menyebabkan kecacatan pada bayi jika tertular ke ibu hamil. Untuk mencegahnya, diberikan vaksin MMR yang biayanya sangat terjangkau yakni Rp 200.000,00. Karena biaya vaksin sangat terjangkau, sebaiknya lakukan vaksinasi segera sebelum terjangkit penyakit kronis seperti di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *