Mengatur Dapur Minimalis Anda Agar Sedap di Pandang Mata

Dapur merupakan salah satu ruangan yang menjadi bagian terpenting dalam sebuah hunian. Apalagi bagi Anda yang hobi memasak, dapur merupakan surga dunia bagi Anda. Anda bisa bebas berkreasi dengan bahan-bahan yang ada dan menghasilkan makanan yang lezat untuk keluarga.

( Source : rumahbagusminimalis.com )

Dapur minimalis yang sempit dengan segala macam peralatan serta perabotan di dalamnya tentu membuat aktivitas memasak jadi terganggu. Dapur yang berantakan tentu membuat Anda jadi malas untuk berkreasi dengan makanan. Belum lagi jika peralatan memasak dan perlengkapan makan berantakan dimana-mana.

Kesalahan dalam menempatkan letak perabotan juga bisa menyebabkan dapur Anda terlihat sempit dan berantakan. Agar telihat luas dan rapi, perhatikan beberapa tips dibawah ini untuk mengatur dapur minimalis Anda dengan baik dan benar.

Letakkan kulkas dekat dengan meja

Peletakan kulkas pada dapur rumah Anda sebenarnya tergantung kepada ruangan tersebut. Namun sebaiknya letakkan kulkas dekat dengan pintu yang berdampingan dengan meja. Atau juga bisa meletakkan kulkas berseberangan dengan meja, hal ini merupakan pilihan yang ideal. Bertujuan agar mempermudah Anda dalam menaruh makanan ke dalam kulkas. Misalnya, Anda baru pulang dari pasar atau selesai memasak makanan dan ingin mendinginkannya, Anda dengan mudah memindahkan bahan masakan atau bahan makanan ke dalam kulkas.

Cat dapur dengan warna terang

Sebelum Anda menempatkan barang-barang elektronik seperti kulkas, microwave serta peralatan dan perabotan lainnya ke dalam area dapur. Pertimbangkan warna cat pada dinding dapur Anda, lebih baik memilih warna cat yang terang. Warna terang ini dapat memberi kesan aktif dan ceria untuk dinding dapur Anda. Di tambah dengan hiasan dinding dan penerangan yang cukup membuat suasana dapur Anda tampak menyenangkan.

Dapur berdekatan dengan ruang makan

Pada umumnya rumah-rumah yang ada di Indonesia di desain agar dapur dan ruang makan berdekatan. Namun tidak semua rumah memakai konsep ini. Memang, dapur dan ruang makan yang jaraknya berdekatan ini akan memudahkan Anda untuk menyajikan hidangan yang sudah Anda siapkan ke meja makan keluarga. Dapur dan ruang makan memang menjadi satu paket lengkap yang tidak bisa dipisahkan.

Ventilasi sebagai sirkulasi udara

Dapur yang baik dibuat dengan desain yang dekat dengan area yang terbuka. Lebih baik dapur bersebelahan dengan taman belakang rumah. namun, jika dapur terletak di bagian dalam rumah, pastikan Ada ventilasi udara sehingga ruangan di dapur Anda tidak pengap dan bau. Jangan sampai dapur Anda terasa sumpek atau bahkan kurang pencahayaan. Jika dapur Anda tidak difasilitasi dengan ventilasi untuk sirkulasi udara, ada baiknya Anda membeli exhaust fan sebagai alternatif ventilasi rumah. Exhaust fan ini berfungsi untuk menyedot udara dalam ruangan terutama dapur jika Anda memasak dan menyebabkan udara di ruangan tidak segar.

Lemari dan rak penyimpanan

Agar area dapur Anda terlihat lebih rapi, pasanglah kitchen set dengan banyak kabinet serta rak untuk menyimpan peralatan memasak hingga bahan-bahan masakan. Tambahkan juga keranjang untuk menaruh piring-piring kotor yang belum dicuci agar tidak berserakan dan menumpuk di wastafel. Selain itu, sebaiknya Anda perlu menyortir peralatan dan perabotan apa saja yang sebaiknya sering digunakan sehari-hari. Dengan begitu, lemari serta rak penyimpanan Anda tidak akan penuh dengan peralatan yang tidak digunakan.

Tempat sampah pembuangan

Jangan membiarkan sampah menumpuk terlalu lama di dapur Anda. Sebaiknya jika Anda selesai beraktivitas di area dapur dan meninggalkan sampah di area sekitar. Alangkah baiknya Anda segera membuang sampah keluar rumah. Hal ini mencegah rumah Anda terhindar dari kuman, bakteri serta bau yang dihasilkan oleh sampah sisa makanan tersebut.

Demikianlah beberapa tips yang bisa dicontoh untuk mengatur dapur minimalis Anda agar terlihat rapi dan baik. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *